Home / Pompa Air / Analisa Pada Sumber Air Sumur Keruh atau Berbau dan Solusi Mengatasinya
Solusi Mengatasi Sumber Air sumur bor keruh dan berbau

Analisa Pada Sumber Air Sumur Keruh atau Berbau dan Solusi Mengatasinya

Cara mengatasi serta solusi masalah kualitas buruk pada sumber air sumur bor yang keruh dan berbau memang cukup kompleks, untuk itu memerlukan beberapa tahap analisa yang tepat agar dapat mengambil tindakan berikutnya.

Persoalan seperti ini terbilang sangat memusingkan dan terkadang cukup membuat tidak nyaman ketika akan menggunakan sumber air sumur tersebut terutamanya untuk kebutuhan konsumsi.

Lantas tindakan atau bagaimana solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah ini hingga tuntas?

Problema masalah sumber air sumur berbau dan berwarna keruh

Tidak ada ketentuan secara pasti pada kedalaman berapa meter untuk dapat menemukan sumber air yang memiliki kualitas bagus.

Setiap lokasi daerah atau menurut posisi geografisnya selalu memiliki titik kedalaman sumber air yang berbeda, dan ini adalah poin yang cukup penting untuk dipahami sebelum anda memutuskan untuk membuat sumur.

Mengenai hal ini bisa anda simak pada artikel tentang cara membuat sumur bor yang baik untuk sumber air bersih.

Lanjut pada persoalan mengatasi masalah air sumur keruh dan berbau bagi yang sudah terlanjur membuat sumur baru ataupun pada kasus sumur yang lama tidak dipakai.

Air tampak jernih namun memiliki endapan

Pada kasus ini biasanya air tidak menunjukkan tanda tanda kualitas yang buruk karena masih tampak jernih ketika awal dituang atau dipompa.

Namun apabila ditampung pada wadah tertentu dalam tempo semalam akan tampak endapan tipis hingga tebal pada dasar wadah menyerupai lumpur kadang berwarna gelap dan kekuningan.

Analisa sumber penyebab masalah ini adalah karena sumber air masih pada level dangkal yang artinya belum pada level tanah keras dan berpasir yang pada umumnya memiliki kualitas sumber air terbaik bebas dari pencemaran dan endapan lumpur.

Ada 2 solusi yang bisa dilakukan yaitu memperdalam sumur atau dengan pemasangan filter air sebelum digunakan untuk berbagai kebutuhan khususnya konsumsi.

Air berasa asin meskipun tampak jernih

Untuk persoalan ini terbilang paling sulit dalam penanganannya sebab sumber air yang memiliki rasa asin cenderung dipicu oleh letak geografis atau lokasi sumur tersebut dibuat.

Paling sering dijumpai air sumur berasa asin adalah pada lokasi bekas rawa, tambak ataupun daerah pesisir.

Meskipun tampak jernih, rasa asin ringan sedang hingga cukup kuat memang sangat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam keperluan sehari hari sebab dapat memicu korosi karena memiliki kandungan garam.

Penggunaan filter air juga tidak akan mampu mengatasi masalah yang satu ini karena rasa asin merupakan bagian dari molekul atau partikel terkecil air itu sendiri yang akan sulit dipecah hanya dengan alat filter.

Ada sebuah alat untuk proses penyulingan hingga dapat menjadikan rasa air berubah tawar (netral) namun tentu saja peralatan ini masih cukup mahal jika hanya untuk kebutuhan rumah tangga atau personal.

Air berbau logam besi

Demikian pula untuk persoalan yang satu ini juga ditentukan oleh faktor geografis dan cukup sulit untuk mengatasinya.

Untuk lebih jelas mengenai kandungan mineral apa serta kelayakan sebagai sumber air konsumsi, maka sebaiknya sample air dibawa pada laboratorium untuk mengetahui zat mineralnya secara akurat.

Penggunaan filter air dengan teknologi canggih masih memungkinkan untuk mengantisipasi aroma besi hingga menjadi air yang layak untuk dikonsumsi.

Kualitas air yang tampak keruh secara kasat mata

Pada poin ini sudah jelas dan analisa penyebab sumber air sumur keruh adalah karena tingkat pencemaran yang masih besar.

Pada sumur bor contohnya, pemasangan pipa casing yang buruk dimana resiko pencemaran dari permukaan yang dapat meresap memasuki lubang pengeboran adalah faktor pemicu utamanya.

Kemudian kedalaman sumur yang masih kurang sehingga struktur tanah berlumpur kerapkali menimbulkan banyak endapan dan akan terurai ketika proses hisapan pompa.

Mengamati penyebab masalah pada poin ke 4 ini maka sebaiknya melakukan pengawasan yang maksimal serta memilih tukang yang professional ketika akan membuat pekerjaan sumur bor untuk air bersih.

Simak juga artikel tentang cara memilih pompa air terbaik untuk sumur bor dan ulasan menarik lainnya tentang cara memasang pompa air jetpump pada sumur bor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *