Home / Elektronika / Cara Mengatasi Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Speaker Aktif
Memperbaiki speaker aktif rusak

Cara Mengatasi Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Speaker Aktif

Punya speaker aktif bermasalah dan apa saja kerusakan yang sering terjadi kemudian bagaimana cara mengatasinya? Jangan terlalu panik tergesa ingin mengangkutnya ke tukang service elektronika.

Kadang persoalan yang timbul pada perangkat speaker aktif belum tentu merupakan kerusakan serius bahkan tergolong sangat ringan.

Jadi apa salahnya jika memiliki banyak waktu untuk mencoba membongkarnya sendiri dan memperbaiki dimana letak kerusakannya.

Memperbaiki 3 macam masalah yang sering melanda perangkat speaker aktif

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai 3 persoalan yang kerap kali terjadi pada unit speaker aktif dan bagaimana cara memperbaikinya.

#1 Potensio meter volume bass treble berisik (kresek kresek)

Suara Speaker Aktif Berisik

Cukup mengganggu apabila anda ingin menyetel bass dan treble ataupun mengatur volume kemudian justru timbul suara berisik pada speakernya.

Masalahnya ada pada komponen potensiometer yang sudah terlalu kering sehingga akan timbul kerak maupun memicu karat.

Gerakan putar potensio juga terasa keras tidak bisa lembut akibatnya mempengaruhi modulasi pada amplifiernya jadilah suara kresek kresek yang mengusik nikmatnya music.

Cara mengatasinya dengan menyemprotkan cleaner produk pembersih perangkat elektronika yang banyak tersedia di toko2 elektronik atau jika memungkinkan lakukan penggantian pada komponen potensiometernya.

#2 Terdengar suara mendengung mengganggu suara musik

Pernah mengalami yangsperti ini? Suara musik jadi kurang nyaman akibat dengungan yang ikut menguat seiring ditambahnya volume.

 

Suara Speaker Aktif Mendengung

Permasalahan speaker aktif ini dipicu oleh 3 hal diantaranya:

  • Kerusakan transistor pada penguat akhir alias jebol akibat panas berlebihan atau memang sudah soak. Solusinya harus diganti komponen transistor baru.
  • Induksi pada kabel RCA yaitu ketika koneksi jek RCA sudah tidak bisa konect 100% akibat kabel terpelintir atau hampir putus maka dapat menimbulkan suara mendengung.
  • Power Supply mengalami kerusakan pada ELCO bocor atau sudah kering sehingga arus listrik yang menyuplai rangkaian elektronik tidak bisa stabil dan murni DC atau masih tercampur arus AC.

#3 Speaker aktif mati total

Apabila speaker aktif mengalami mati total hal ini menandakan bahwa tidak ada power (daya) yang menyuplai komponen elektronikanya.

Adaptor power supply speaker aktif

Pertama pastikan kabel AC masih menyalurkan listrik hingga masuk ke adaptor, jika melalui sekering (fuse) periksa terlebih dahulu pastikan tidak putus.

Pemeriksaan berlanjut pada bagian power supply (adaptor).

Jalur output dari trafo harus terdapat arus listrik tegangan rendah kisaran antara 12 sampai 24 volt periksa dengan menggunakan multytester.

Apabila kondisi baik lanjutkan periksa pada diode dan elco harus dapat mengalirkan arus listrik dengan baik, Pastikan tidak ada tanda tanda elco menggelembung atau mengapur.

Jika dirasa anda kesulitan untuk menganalisanya, maka bisa dengan langkah mengganti total bagian power supply yang biasanya dijual dengan harga kisaran Rp100ribu untuk trafo 1 ampere (spesifikasi standart speaker aktif)

Cara memperbaiki speaker aktif ini juga bisa diterapkan pada beragam jenis perangkat audio atau sound system seperti speaker komputer PC maupun speaker eksternal ponsel namun dengan ukuran komponen yang menyesuaikan spesifikasinya.

Simak juga ulasan mengenai tips memperbaiki kipas angin berputar lambat serta artikel menarik lainnya tentang cara memilih lampu LED yang pas dengan ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *