Home / Pompa Air / Analisa Penyebab Mesin Pompa Air Cepat Panas Memicu Listrik Mati
Mengatasi mesin pompa air cepat panas

Analisa Penyebab Mesin Pompa Air Cepat Panas Memicu Listrik Mati

Ketika mendapati masalah pada mesin pompa air anda yang cepat panas kemudian memicu listrik mati atau MCB turun, maka problem ini harus segera diatasi mengingat cukup berbahaya jika dibiarkan terlalu lama.

Kejadian seperti ini bukan hanya sering terjadi pada unit pompa yang sudah lama beroperasional bahkan untuk mesin yang baru dipasang juga bisa berpotensi mengalami masalah serupa yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Mengatasi masalah listrik mati akibat mesin pompa air yang cepat panas

Secara teknis setiap mesin penggerak yang sedang operasional akan menimbulkan panas akibat adanya gesekan. Namun jika panas timbul berlebihan yang dikenal dengan istilah overheating maka hal ini sangat perlu diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya persoalan mesin pompa air yang selalu panas dan berdampak pada listrik diirumah anda padam.

 #1 Pompa kekeringan (limit air)

Ketentuan agar mesin pompa air beroperasional dengan ketersediaan air yang cukup untuk dihisap jangan sampai kurang atau kekeringan mutlak diperhatikan.

Apabila kondisi ini terjadi maka pada bagian impeller akan timbul panas tanpa adanya pendinginan secara alami oleh air yang terhisap maka panas akan semakin merambat pada bagian motor sehingga beban listrik akan meningkat.

#2 Penempatan unit pompa yang tidak tepat

Pada poin ini seringkali kurang mendapatkan perhatian sehingga masih banyak pengguna yang meletakkan mesin pompa air tanpa memperhitungkan dampaknya.

Semua unit mesin pompa air membutuhkan pendinginan secara alami yaitu menyebarkan panas pada ruang yang memiliki sirkulasi udara terbuka.

Untuk jenis pompa submersible sudah jelas akan lebih dingin karena beroperasi dengan terendam didalam air.

Jadi, tidak disarankan untuk memasang unit mesin pompa didalam ruang yang tertutup rapat tanpa sirkulasi udara yang baik apalagi dengan membuat rumah pompa yang terlalu sempit.

#3 Persoalan kipas pendingin

Untuk pompa jenis jetpump ataupun semi jetpump ada beberapa type yang memiliki kipas pendingin pada bagian belakang motor (dynamo).

Perhatikan apakah kondisi fisik kipas masih dalam keadaan utuh tidak ada bagiannya yang cacat atau kisi kisinya tertutup kotoran.

Kerusakan atau cacat sedikit saja pada kipas dapat memicu mesin pompa air cepat panas karena aliran udara menjadi tidak maksimal.

#4 Pernah mengalami spul ulang

Faktor penyebab mesin pompa air cepat sekali panas yang terakhir adalah karena sudah pernah mengalami service penyepulan ulang pada dinamonya.

Kondisi ini tidak akan dapat mengembalikan kinerja mesin pompa sesuai dengan standart pabrikan sehingga bisa saja terjadi perubahan RPM mesin yang lebih cepat, maka sudah tidak dapat dipungkiri akan memicu panas mesin yang berlebihan kemudian berdampak pada daya listrik yang meningkat melebihi daya yang tersedia dan MCB listrik akan turun (mati).

Baca juga tentang cara memperbaiki otomatis mesin pompa air serta artikel menarik lainnya tentang cara memilih mesin pompa air terbaik untuk sumur bor

6 comments

  1. siang gan,

    kalau mesin di nyalakam selama 2-3 jam..mesin mati,masalahnya apa ya?jika di diamkan selama 1-2 jam mesin nyala lagi…
    kondisi air dinyalakan pertama keluarnya besar,tapi lama kelamaan mengecil dan mesin mati.
    mohon infonya

  2. saya punya pompa air celub,yang mau saya tanyakan kenapa kalau di hidupkan berkisaran lebih dari 10 menot mcb listrik nya turun?

    • Kondisi pompa celup memang sangat rawan terjadi konsleting apabila sudah terindikasi ada bocor pada casing unit mesin pompa. Tetapi jika MCB trip dengan jeda waktu tertentu setelah mesin pompa hidup menandakan adanya lonjakan daya secara perlahan.

      Penyebabnya bisa dari instalasi kabel yang memberikan tegangan menuju pompa bermasalah seperti sambungan longgar (ngefong) atau ada yang terkelupas dan memicu induksi ke massa.

      Penyebab lainnya bisa karena pompa mengalami overheat yang dipicu oleh kinerja mesin terlalu berat tidak sesuai dengan spesifikasi yang di ijinkan.

  3. Permisi: mesin /pompa air colok pada stopkontak listrik pd teg 220 volt, mesin tdk hidup hanya pd body mesin panas..
    tks.

  4. Gan saya da banyak memperbaiki pompa air,,kali ini setelah di perbaiki kompanya meledak,, penyebabnya ap gan

  5. Jetpump pompa air blm spool ulang, korslet ketika disambung ke listrik MCB anjlok. percikan api korletnya seperti las listrik. Baru saja di setel tekanan airnya dibikin halus suaranya shg jadi tersendat sendat,
    terus sy tambah sedikit hingga agak nambah keras suaranya tp masih nyendat suaranya. Apanya yg korslet ya. ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *