Home / Pompa Air / Memilih Jenis Pompa Air Dorong Untuk Menambah Tekanan Water Heater
Memilih Jenis Pompa Air Dorong Water Heater

Memilih Jenis Pompa Air Dorong Untuk Menambah Tekanan Water Heater

Memilih jenis mesin pompa air untuk menambah tekanan water heater gas ataupun listrik sebenarnya cukup mudah dan secara mendasar fungsinya hanya sebagai pendorong air yang menyuplai mesin pemanas tersebut.

Dipasaran sudah tersedia jenis mesin pompa air dorong atau booster pump yang spesial hanya berfungsi menambah tekanan air dan kurang optimal jika digunakan untuk menghisap selayaknya jenis pompa permukaan.

Menambah tekanan air water heater dengan pompa

Untuk jenis water heater gas, proses penyalaan api memerlukan tekanan air yang cukup kuat agar dapat memicu pematiknya.

Seringkali masalah terjadi api tidak dapat menyala atau tiba tiba mati ketika kondisi tekanan air melemah sehingga hanya dengan memasang pompa dorong adalah sebagai alternative apabila sudah tidak memungkinkan untuk menambah ketinggian toren air.

Pompa booster sebagai pilihan pertama

Jenis mesin pompa ini memiliki spesifikasi yang di utamakan untuk dapat memberikan dorongan maksimal terhadap air pada instalasi pipa.

Proses pemasangannya pun terbilang cukup mudah hanya dengan menghubungkan instalasi sumber air menuju input pompa kemudian diteruskan ke output menuju instalasi yang akan ditambah tekanan airnya.

Tersedia banyak pilihan menyesuaikan dengan daya listrik serta kebutuhan debit yang di inginkan mulai dari yang terkecil 80 watt hingga ribuan watt yang biasanya untuk keperluan industri.

Memanfaatkan pompa air sumur dangkal

Pilihan kedua adalah menggunakan mesin pompa air sumur dangkal sebagai pendorong menambah tekanan.

Untuk instalasi atau pemasangannya juga tidak jauh berbeda dengan jenis pompa booster, hanya saja perlu diperhatikan adalah pada instalasi pipa hisapnya.

Mesin pompa air sumur dangkal yang menggunakan otomatis pressure switch, wajib dipasang tusen klep pada bagian pipa hisapnya agar tidak terjadi resiko otomatis sering on off ketika air sedang digunakan.

Posisi pemasangan tusen klep harus pada kedudukan vertical agar fungsi foot valve dapat bekerja secara optimal.

Sering kali masalah foot valve ini dilewatkan atau sengaja tidak dipasang sehingga pada waktu air panas dibuka, maka mesin pompa akan tersendat sendat atau hidup mati secara terus menerus.

Untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemasangan pompa air sumur dangkal sebagai solusi menambah tekanan water heater, bisa disimak pada sumber referensinya langsung di situs www.pompair.com

Jangan lupa baca juga tips menambah tekanan air shower dari toren dan artikel menarik lainnya tentang tips membuat sumur bor untuk air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *