Home / Review / Kelebihan atau Keunggulan Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)
Keuntungan pemanas air tenaga surya

Kelebihan atau Keunggulan Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Ada banyak sekali kelebihan, keunggulan dan keuntungan menggunakan solar water heater atau pemanas air tenaga surya jika dibandingkan dengan unit pemanas air lainnya seperti jenis gas dan listrik.

Dinilai dari segi harga, unit mesin pemanas air tenaga surya memang jauh lebih mahal dibandingakan unit mesin water heater listrik ataupun gas, sehingga masih banyak yang menganggap ini barang mewah dan hanya cocok untuk masyarakat ekonomi atas.

Sesungguhnya jika dicermati lebih jauh, solar water heater dalam penggunaanya akan memberikan banyak keunggulan baik dari segi efisiensi, keamanan keluarga dirumah serta dampak terhadap lingkungan sekitar anda.

Keuntungan menggunakan pemanas air tenaga surya

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang bisa di dapatkan jika menggunakan unit solar water heater (pemanas air tenaga surya).

#1 Sumber energi didapat gratis dari alam selamanya

Sesuai dengan namanya, bahwa alat pemanas air ini memanfaatkan tenaga panas dari sinar matahari sebagai sumber energi utama untuk bisa memanaskan air didalam tangki melalui sebuah alat panel surya selanjutnya air distribusikan keseluruh instalasi jaringan pipa air panas menujuru kran kamar mandi dirumah anda.

Untuk wilayah Indonesia tentunya akan lebih diuntungkan jika menggunakan solar water heater karena berada pada daerah katulistiwa dan beriklim tropis, yang mana sinar matahari akan mudah didapatkan sepanjang tahunnya secara gratis.

Kemudian bagaimana apabila dalam kondisi cuaca musim hujan dan mendung sepanjang hari sehingga tidak bisa memperoleh energi panas dari matahari? Walaupun dalam kondisi cuaca buruk, unit solar water heater ini masih dapat digunakan untuk memanaskan air dengan menggunakan daya cadangan listrik yang irit.

#2 Menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan aman

Karena menggunakan sumber energi panas sinar matahari, sudah tentu alat solar water heater tidak akan menghasilkan sisa proses pembakaran seperti asap ataupun residu yang mengandung zat berbahaya lainnya.

Disisi lain, dengan memanfaatkan energy matahari tentunya cukup aman dan tidak menimbulkan kerusakan alam atau lingkungan.

Jika dibandingkan dengan pemanas air listrik, alat ini masih menyisakan karbondioksida dari proses pemanasannya.

Belum lagi jika terjadi kebocoran pada sirkuit listriknya yang dapat membahayakan penggunanya karena aliran air dapat menghantarkan arus listrik. Lebih berbahaya lagi ketika terjadi konsleting listrik tentu hal ini dapat memicu timbulnya percikan api dan kebakaran.

Sedangkan untuk pemanas air jenis gas, proses pembakaran yang tidak sempurna cenderung menghasilkan gas beracun karbon monoksida (CO) yang tidak berwarna dan tidak berbau, namun cukup berbahaya apabila terhirup pernapasan manusia hingga dapat menyebabkan kematian.

Kebocoran instalasi pipa gas juga sangat rentan menimbulkan bahaya seperti resiko kebakaran ataupun ledakan.

#3 Hemat secara finansial untuk jangka panjang

Membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding alat pemanas air lainnya ketika pemasangan baru.

Namun kebanyakan setiap produsen solar water heater memberikan pelayanan servis yang sangat baik serta memberikan garansi dalam waktu yang cukup panjang bahkan hingga 5 tahun.

Dalam rentang waktu tersebut, untuk jenis pemanas air listrik ataupun jenis gas biasanya sudah sering mengalami keluhan serta timbul bermacam kerusakan.

Tidak jarang pula dalam kondisi tertentu ada yang sampai harus mengganti unit mesin baru hingga 3 kali.  Maka setelah dikalkulasikan  jumlah biaya yang dibutuhkan pada akhirnya tetap jauh lebih besar selain masih harus ditambah dengan tagihan listrik setiap bulannya.

Baca juga tips memilih pompa air dorong untuk menambah tekanan water heater dan artikel menarik lainnya tentang cara memperbaiki otomatis pompa air bunyi terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *