Home / Pompa Air / Memperbaiki Masalah Otomatis Mesin Pompa Air Bunyi Terus
Memperbaiki-Otomatis-Pompa-Air

Memperbaiki Masalah Otomatis Mesin Pompa Air Bunyi Terus

Cara memperbaiki atau mengatasi masalah pada otomatis jenis pressure switch pada mesin pompa air yang sering on off atau bunyi terus harus dipahami dahulu sumber penyebabnya.

Sistem kerja otomatis pressure switch adalah dengan tekanan air yang berada didalam ruang impeller ketika pompa sedang menghisap.

Sumber penyebab otomatis pompa air sering bunyi

Unit otomatis jenis ini biasanya sudah built ini (include) dengan mesin pompa ketika beli baru.

Untuk type jetpump memang berbeda dengan otomatis milik pompa sumur dangkal secara fisiknya, namun prinsip kerjanya tetaplah sama yaitu dengan tekanan air

Ketika tekanan didalam ruang impeller meningkat, maka air akan mendorong platina hingga memutuskan kontak.

Begitu pula sebaliknya ketika tekanan sudah turun maka platina yang tadinya terdorong akan kembali pada kedudukan semula sehingga akan mengontak atau menghubungkan arus listrik.

Jadi, dari prinsip kerja tersebut dapat diambil analisa bahwasannya penyebab mesin pompa air sering on off atau otamatisnya sering bunyi adalah dipicu karena tekanan air didalam impeller tidak dapat bertahan.

Analisa sumber masalah otomatis selalu on off

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan ketika mendapati mesin pompa air anda sering on off dalam interval waktu yang singkat adalah sebagai berikut.

  • Pastikan seluruh kran kondisi tertutup rapat tidak ada tanda tanda menetes ataupun terbuka sedikit saja.
  • Dalam kondisi semua kran tertutup mesin pompa harus mati, namun apabila masih sering nyala pemerikasaan selanjutnya adalah pada pipa instalasi harus dipastikan tidak ada indikasi bocor.
  • Demikian pula dengan pipa hisap tidak boleh terdapat banyak lekukan atau bocor sehingga menimbulkan udara terjebak didalam pipa yang berakibat tekanan air sulit didapatkan secara maksimal.
  • Jangan lupa untuk memeriksa foot valve (tusen klep) karena komponen ini juga dapat menyebabkan tekanan air menurun apabila tidak bisa 100% menutup sempurna.

Untuk jenis mesin pompa air yang menggunakan tabung, tekanan udara yang kurang akan memicu otomatis sulit sekali mencapai titik off karena air akan mendesak kedalam tabung.

Jangan lupa simak juga ulasan tentang solusi mengatasi tabung pompa air bocor serta artikel menarik lainnya tentang cara menambah daya hisap pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *