Home / Review / Cara Tepat Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Dengan Kebutuhan
Memilih pemanas air tenaga surya

Cara Tepat Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih alat pemanas air tenaga surya (solar water heater) sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor agar bisa sesuai dengan kebutuhan sehingga berfungsi dengan baik serta efektif.

Menggunakan pemanas air tenaga surya tentunya akan lebih murah untuk perhitungan jangka panjangnya sebab sumber daya yang dipakai berasal dari alam dan akan selalu tersedia secara terus menerus sebab kebetulan negera Indonesia berada pada wilayah iklim tropis.

Dengan demikian kebutuhan air panas juga lebih mudah didapatkan kapan saja tanpa perlu memasak ataupun tergantung dengan pasokan sumber daya listrik.

Tips tepat memilih pemanas air tenaga surya sesuai kebutuhan

Berikut ini adalah beberapa tips yang tepat ketika anda hendak menentukan atau memilih unit mesin solar water heater yang efisien sesuai dengan kebutuhan.

#1 Perhitungkan keperluan atau kapasitas air

Perhitungkan terlebih dahulu untuk keperluan apa air panas dirumah anda apakah hanya untuk kebutuhan mandi dan berapa jumlah kamar mandi yang perlu disuplai.

Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah berapa banyak penghuni rumah yang akan menggunakan air panas setiap harinya. Misalkan jika 2-4 orang bisa menggunakan pemanas air tenaga dengan kapasitas 100 liter, 2-6 orang menggunakan 130 liter sedangkan untuk 7-10 orang bisa menggunakan water heater dengan kapasitas 300 liter.

Apabila perhitungannya sudah dipahami maka resiko kekurangan stok air panas tidak akan terjadi dirumah anda.

#2 Sesuaikan dengan budget dana

Selanjutnya adalah harus menyesuaikan dengan dana atau budget yang tersedia sebab faktor ini juga akan menentukan efisiensi penggunaan pemanas air dirumah anda.

Harga solar water heater dipasaran sangat variatif mulai dari yang mahal hingga yang murah semuanya tersedia namun perlu diketahui bahwa jangan terpaku dengan harga namun carilah informasi yang akurat mengenai kualitasnya.

Contoh untuk produk sanken yang menghadirkan pemanas air tenaga surya dengan harga mulai harga 8 jutaan dengan kapasitas 100 liter dan sudah dilengkapi dengan backup heater, promo ini sudah ditambah lagi dengan gratis biaya pemasangan serta pengiriman untuk wilayah JABODETABEK.

#3 Menetukan lokasi pemasangan

Peralatan pemanas air tenaga surya mutlak memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk menghasilkan energy panas sepanjang hari.

Untuk itu memperhatikan lokasi dimana unit solar water heater akan dipasang sebaiknya direncanakan sejak awal yang umunya pemanas air solar memiliki 2 jenis yaitu:

  • Pemansangan di atap (genteng)
  • Pemasangan pada dak (balkon)

Biasanya untuk tahap ini akan dilakukan survey terlebih dahulu oleh teknisi produknya agar unit pemanas air dapat menghasilakan panas secara optimal.

#4 Jangan abaikan perawatan

Apabila telah selesai proser pemasangan hingga sudah beroperasional dengan baik, maka penting pula untuk melakukan perawaatan secara berkala.

Hal ini bertujuan agar pemanas air dapat selalu beroperasi optimal dan efisien terutama pada bagian kolektor bersih dan tidak berbayang, kolektor ini harus dipastikan terhubung dengan kencang ke atap, selain itu pipa dan kabel juga terhubung dengan baik tanpa ada indikasi kerusakan serta posisi penopang harus selalu kokoh.

Baca juga tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan solar water heater serta artikel menarik lainnya tentang tips memilih pompa air dorong untuk water heater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *