Home / Pompa Air / Membuat Sumur Bor Yang Baik Untuk Sumber Air Bersih
Membuat sumur bor manual

Membuat Sumur Bor Yang Baik Untuk Sumber Air Bersih

Membuat sumur bor manual, ataupun tradisional untuk menemukan sumber air bersih yang layak untuk kebutuhan konsumsi merupakan sebuah upaya ketika area dan lokasi tersebut belum terjangkau oleh layanan fasilitas air bersih milik pemerintah atau perusahaan.

Besarnya anggaran biaya pembuatan sumur bor menyesuaikan dengan spesifikasi yang mana banyak type pengeboran dengan tingkat kesulitan, kedalaman serta peruntukannya.

Perbedaan paling mendasar bisa dilihat dari lokasi dimana sumur bor akan di buat serta jenis unit mesin pompa air apa yang nantinya akan digunakan.

Ada 2 jenis pengeboran untuk memperoleh sumber mata air bersih yang dibedakan dari kedalaman yang dicapai yaitu:

  • Sumur bor dangkal (kedalaman 0 sampai 11 meter)
  • Sumur bor dalam (lebih dari 11 meter)

Spesifikasi lubang sumur bor dangkal dan jenis pompanya

Dengan kedalaman dari permukaan hingga 11 meter, maka lubang sumur ini paling umum ditemui pada lokasi atau daerah dataran rendah.

Jenis yang satu ini biasanya memiliki sumber air yang kurang bagus karena masih terlalu dekat dengan permukaan sehingga resiko pencemaran dari lingkungan akibat resapan berpeluang lebih mudah terjadi.

Antisipasi yang mutlak dilakukan adalah dengan memasang pipa casing utuh hingga ke dasar sumur selain untuk meminimalisir pencemaran, kontur tanah dari sumur dangkal pada umumnya masih terlalu lunak sehingga rawan terjadi longsor.

Diameter lubang sumur bor dangkal minimal adalah 2 inch hingga 4 inch karena spesifikasi mesin pompa masih memungkinkan untuk memakai pompa sumur dangkal dengan daya hisap maksimal 9 meter atau semi jetpump dengan daya hisap mesin pompa maksimal 11 meter.

Dari kedua jenis pompa tersebut hanya memerlukan satu pipa hisap dengan ukuran maksimal pipa diameter 1 inch yang masuk kedalam lubang sumur tanpa ada mata jet atau injector.

Pengeboran sumur dalam dan jenis pompa air yang sesuai

Berikutnya adalah membuat sumur bor dalam yaitu memiliki kedalaman yang lebih dari 11 meter hingga mencapai puluhan bahkan ratusan meter.

Lokasi pengeboran jenis sumur dalam paling umum ditemui pada area dataran tinggi, kaki gunung, bukit namun tetap bisa juga dibuat pada daerah lokasi dataran rendah.

Kualitas air sumur bor dalam biasanya akan lebih baik karena mengambil sumber mata air pada lapisan tanah paling bawah bahkan melewati level tanah keras hingga bebatuan.

Pada lokasi tertentu seperti perbukitan, lembah atau kaki gunung memungkinkan dan berpeluang untuk mendapatkan titik akuifer yaitu jalur air tanah yang memiliki tekanan.

Jika tepat pada area yang memiliki akuifer maka air akan naik ke permukaan dengan sendirinya meskipun tanpa melalui proses pemompaan.

Diameter pengeboran sumur dalam minimal harus ukuran 4 inch hingga diameter 6 inch dalam keadaan sudah terpasang pipa casing.

Jenis mesin pompa air yang paling sesuai adalah spesifikasi minimum menggunakan type jetpump yang memiliki daya hisap antara 20 hingga 50 meter memakai pipa hisap dan pipa tekan masuk kedalam lubang sumur bor plus injector.

Pilihan lain adalah mesin pompa submersible yang mana bisa mencapai kedalaman ratusan meter dengan system pompa benam dan berfungsi mendorong air menuju permukaan.

Sumber air bersih yang layak untuk kebutuhan konsumsi

Tujuan membuat sumur bor baik yang dangkal ataupun dalam adalah untuk menemukan sumber mata air sebagai konsumsi ataupun program pengairan lainnya.

Kriteria sumber mata air yang layak konsumsi harus memenuhi syarat diantaranya adalah:

  • Jernih tidak berwarna
  • Tidak berbau dan berasa
  • Tidak mengandung mineral berbahaya

Sumber air jernih tidak berwarna

Banyak sekali pengeboran sumur yang tidak berhasil menemukan sumber mata air dengan kualitas baik yaitu keruh tampak berwarna kuning, coklat atau kehitaman.

Kondisi seperti ini kerapkali terjadi pada jenis sumur bor dangkal yang mana kemungkinan terbesar adalah akibat adanya pencemaran dari lingkungan sekitar.

Apalagi daerah dataran rendah yang masih rawan dengan genangan air dan banjir ketika musim hujan.

Mata air tdak menimbulkan bau atau aroma dan rasa

Sumber mata air yang baik harus netral dari aroma, bau serta tidak berasa. Lebih sering terjadi untuk lokasi pesisir, bekas rawa, ataupun bekas persawahan memiliki sumber mata air yang berasa asin dan sebagainya.

Kondisi seperti ini disebabkan sejarah lokasi pernah terjadi endapan sehingga banyak material organic atau senyawa makhluk hidup yang dulunya pernah ada pada lokasi tersebut dan mati terkubur akibat proses pengeringan dan pengerasan tanah.

Membuat sumur bor pada lokasi seperti ini hendaknya memilih jenis sumur bor dalam hingga melewati batas level tanah lunak dan menembus level tanah keras atau bebatuan untuk mengambil level air tanah paling bawah.

Pemasangan pipa casing harus sempurna sehingga sumber mata air atas tidak akan masuk bercampur dengan sumber air bawah tanah.

Tidak mengandung zat atau mineral berbahaya

Pada tingkat analisa kelayakan sumber mata air yang satu ini harus melalui test uji sampel yang hanya bisa dilakukan oleh laboratorium.

Proses pengujian sampel dilakukan untuk mengetahui kandungan mineral yang gterdapat pada sumber mata air.

Meskipun tampak jernih tidak berwarna, tidak berbau atau tidak berasa, namun belum menjamin bahwa sumber mata air tersebut sudah aman dan layak untuk kebutuhan konsumsi.

Banyak sekali kandungan air yang berbahaya dan tidak bisa diamati dengan mata langsung seperti kadar besi, gas, serta minyak dalam tingkat prosentase yang rendah.

Solusi paling sederhana dari berbagai persoalan di atas adalah dengan membuat perangkat filter air guna meminimalisir segala zat yang mengakibatkan kualitas sumber air menjadi kurang baik meskipun tidak bisa 100% dapat menetralkannya.

Kesimpulannya adalah ketika merencanakan membuat sumur bor, setidaknya harus memahami terlebih dahulu kedalaman yang akan dicapai, jenis pompa air yang akan digunakan kemudian ukuran diameter lubang sumur bor jangan sampai menyulitkan pada pemasangan unit mesin pompa nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *