Home / Tips / Cara Mudah Membersihkan Noda Kusam dan Kerak Pada Keramik
Membersihkan noda kusam kerak keramik

Cara Mudah Membersihkan Noda Kusam dan Kerak Pada Keramik

Bagaimana cara membersihkan kerak maupun noda pada keramik apalagi jika kotoran tersebut membandel dan tidak mudah dihilangkan hanya dengan pembersih porcelen biasa.

Keramik memang memiliki daya tahan yang lenih baik untuk melapisi dinding terutama dan paling banyak digunakan adalah untuk lantai selain memiliki kelebihan dalam perawatan kebersihannya.

Namun tidak jarang pula dijumpai masalah yang cukup serius yaitu noda dan kerak yang terlalu bandel hingga sulit dihilangkan dengan cara yang aman tanpa merusak struktur keramiknya.

Membersihkan keramik kusam dengan cara aman

Masalah pada permukaan keramik yang tampak kusam dipicu oleh kotoran yang telah mengendap disebabkan karena terlalu lama tidak dibersihkan.

Kotoran tersebut mengeras sehingga menutupi lapisan mengkilap kemudian jadilah warna kusam yang juga sangat beresiko mengakibatkan permukaan keramik menjadi rawan tergores.

Membersihkan keramik dengan baking soda

Meskipun telah banyak tersedia beraneka ragam jenis pembersih keramik yang ada dipasaran, terkadang masih mengandung zat asam walaupun kadarnya sangat tipis.

Zat asam memang akan lebih cepat membersihkan noda pada keramik, namun sifat asam tersebut akan merusak lapisan keramik karena mengikis sedikit demi sedikit dan pada akhirnya justru tidak bisa mengkilap lagi.

Cara membersihkan goresan keramik yang lebih aman bisa anda lakukan dengan memakai campuran baking soda dan pasta gigi putih.

Siapkan kain basah untuk menggosok permukaan keramik yang tergores dengan campuran bahan tadi sampai tampak mengkilat kembali.

Membersihkan keramik dengan cairan cuka

Tuangkan larutan cuka pada area yang kusam kemudian diamkan hingga sekitar 15 menit.

Dapat menggunakan kain kering selanjutnya gosok permukaan hingga mendapatkan warna asli keramik.

Untuk pembersihan tahap akhir dicuci dengan larutan pewangi lantai untuk menghilangkan aroma cuka serta membuat permukaan warna dan motif keramik kembali cemerlang.

Membersihkan keramik dari noda minyak

Cipratan minyak atau oli pada permukaan keramik juga dapat memicu warna keramik menjadi cepat kusam.

Mencucinya dengan air atau pembersih lainnya kadang masih menyisakan licin karena sifat minyak yang selalu tidak mudah dibilas dengan menggunakan air.

Langkah paling mudah adalah dengan menaburkan tepung terigu terlebih dahulu pada permukaan yang tertumpah minyak.

Ini untuk menyerap minyak secara maksimal hingga tepung terigu menjadi menggumpal menandakan minyak sudah terserap.

Kemudian gosok menggunakan kain lap kering sampai benar benar bersih dan tidak terasa licin baru setelah itu di bilas dengan menggunakan larutan pewangi lantai.

Simak juga artikel menarik lainnya yaitu tips membuat sumur bor yang baik untuk sumber air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *