Home / Gadget / Cara Membedakan iPhone Resmi Asli atau Palsu dan Rekondisi
Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Cara Membedakan iPhone Resmi Asli atau Palsu dan Rekondisi

Untuk membedakan ciri atau tanda iPhone asli resmi dengan yang palsu dan rekondisi sebenarnya bisa dibilang cukup mudah jika anda bisa lebih cermat menganalisa serta telah memiliki pengetahuan informasi ini.

Jangan sekali kali mudah tergiur dengan penawaran harga murah karena alih alih ingin mengirit justru dapat berdampak tekor apabila ternyata iPhone yang anda beli adalah barang bajakan.

Memang kenyataannya sebuah iPhone dengan garansi resmi masih memiliki harga yang cukup tinggi namun tentu saja akan lebih aman dari segala kekhawatiran untuk persoalan claim garansi ataupun harga purna jualnya.

Ciri dan tanda untuk membedakan iPhone garansi resmi asli dengan yang palsu

Perlu dipahami bahwa sebuah produk rekondisi pada umumnya akan banyak beredar setelah beberapa generasi terbarunya hadir dipasaran.

Contohnya ketika saat ini telah diluncurkan iPhone 7, maka sangat perlu diwaspadai jika masih ada yang menawarkan iPhone 5 atau 6 dalam kondisi yang katanya baru.

Sementara untuk produk iPhone Refurbished  (rekondisi) sendiri sebenarnya ada 2 kriteria yaitu:

#1 iPhone rekondisi resmi dari pihak Apple

Sudah banyak beredar dipasaran iPhone refurbished yang dirilis secara resmi oleh Apple yaitu untuk iPhone 5 dan 6 karena pernah mengalami cacat produk sebelumnya kemudian direkondisi dengan pack baru dan siap untuk dipasarkan.

Untuk jenis yang ini tentunya masih memiliki kualitas terjamin karena perbaikan dilakukan oleh pihak Apple sendiri sesuai standartnya. Jadi bisa dikatakan ini adalah produk original meskipun seri yang diluncurkan sudah jauh tertinggal dari seri terbarunya.

Ciri-ciri iPhone rekondisi dari pihak Apple secara resmi

  • Deskripsi serta nama yang ada pada kemasan iPhone refurbished tentu saja dibuat berbeda dari versi normalnya. Tanda yang paling tampak jelas adalah menggunakan warna putih polos dan ada tulisan kecil di bagian tengah bawah “Apple Certified Pre-Owned”. Seperti dilansir oleh makemac.com dan perhatikan gambar di atas.
  • Dalam paket kemasan terdapat aksesoris asli termasuk earpod, charger dan kabel USB data seperti produk iPhone yang normal.
  • Meski rekondisi, iPhone ini juga masih mendapatkan full garansi 1 tahun secara internasional dari Apple. Dan berlaku atau mulai aktif ketika anda melakukan aktivasi ke iPhone.
  • Untuk melakukan pemeriksaan terhadap garansi iPhone tersebut sudah aktif atau belum, dapat melalui apple.com dengan memasukkan Serial Number unit iPhone.

#2 iPhone rekondisi palsu tidak resmi

Pengertiannya adalah, produk ini merupakan iPhone yang telah mengalami perbaikan atau produk lawas yang diperbarui dari segala aspek termasuk tampilan serta kemasannya untuk dijual lagi selayaknya barang baru.

Pada umumnya memiliki harga yang jauh lebih murah karena proses nya dilakukan oleh pihak distributor atau bahkan hanya tukang servis biasa yang mengemas ulang supaya tampak baru lagi.

Tentu saja ini tidak dapat menjamin standart keaslian dari komponen yang terpasang atau bisa dikatakan tidak original lagi.

Ciri-ciri iPhone rekondisi oleh distributor atau palsu

Memeriksa iPhone Asli atau Palsu

  • Pertama yang paling tampak jelas adalah harga yang ditawarkan biasanya sangat murah dan sangat jauh berbeda dengan produk Apple yang asli. Dan lebih parahnya, penjual biasanya enggan untuk menjelaskan tentang status rekondisnya asli atau distributor.
  • Untuk iPhone rekondisi distributor biasanya justru menggunakan kemasan yang mirip dengan iPhone baru dan asli tanpa ada tanda “Apple Certified Pre-Owned “.
  • Untuk lebih meyakinkan, dapat diketahui dari garansi yang diberikan biasanya hanya sebuah garansi distributor atau garansi konter yang hanya memberikan jangka waktu paling lama sebulan sejak pembelian. Dan tenyu saja garansi ini tidak akan diterima oleh service center Apple resmi.

Dengan demikian supaya lebih berhati hati ketika anda tengah terpikat dengan smartphone berlogo apel ini yang ditawarkan oleh konter yang kurang meyakinkan dan tidak berani memberikan atau menunjukkan garansi aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *