Home / Pompa Air / Pemasangan Pompa Jet Pump Pada Sumber Air Sumur Bor
Cara Kerja Memasang Pompa Air JetPump

Pemasangan Pompa Jet Pump Pada Sumber Air Sumur Bor

Cara memasang pompa air type jetpump pada sumur bor sepintas tidak akan ada bedanya ketika diaplikasikan pada sumber air lainnya seperti sumur gali.

Yang pasti unit mesin pompa air jetpump cenderung digunakan pada sumber air dengan kedalaman melebihi 11 meter hingga maksimal sampai 50 meter.

Dari bentuk fisiknya yang membedakan dengan jenis pompa sumur dangkal atau dengan jenis semi-jetpump adalah pada konstruksi pipa hisapnya.

Jetpump memiliki 2 jalur pipa hisap yang mana standart nya adalah berukuran 1,25 inch untuk pipa hisap dan diameter 1 inch untuk pipa tekan.

Dari kedua pipa ini menyatu pada satu komponen yang disebut injector dan terletak pada bagian paling bawah di kedalaman sumber air kemudian ujungnya terpasang foot valve (tusen klep).

Memasang pompa jetpump pada sumur bor

Kembali pada pokok pembahasan yang mana jenis pompa jetpump memiliki syarat mutlak jika harus dipasang pada lubang sumur bor.

Ukuran lubang pengeboran yang sudah terpasang pipa casing harus memiliki diameter minimal adalah 4 inch. Simak juga tentang membuat sumur bor yang tepat untuk air bersih.

Hal ini agar memungkinkan dapat dimasukkan injector pipa hisap hingga kedalaman yang akan dicapai.

Kemudian karena jetpump memiliki 2 rangkaian pipa hisap, maka upayakan jangan terlalu banyak adanya lekukan yang terjadi akibat letak mesin pompa yang cukup jauh dari lubang sumur.

Jarak paling ideal meletakkan jetpump dari lubang sumur adalah maksimal 1 meter dengan elevasi minimal 1 cm untuk mencegah terjadinya angin terjebak didalam pipa hisap (masuk angin).

Sambungan setiap pipa hendaknya menggunakan komponen sok drat, (bukan lem) hal ini bertujuan agar memudahkan pada saat ada perawatan dan perbaikan.

Daya hisap pompa air jetpump lemahSelanjutnya pada bagian paling dekat dengan mesin pompa gunakan water mur agar proses bongkar pasang unit jetpump bisa lebih praktis.

Baca juga:

Fungsi pipa tekan pada pompa air jenis jetpump

Cara kerja pompa jetpump memang pada dasarnya sama dengan jenis pompa permukaan lain, yaitu menggunakan impeller yang berputar pada rpm tertentu untuk menimbulkan daya hisap.

Hanya saja perbedaannya adalah dengan dibantu jalur pipa tekan yang berfungsi untuk memberikan dorongan air lebih kuat yang dihasilkan dari tenaga pompa itu sendiri.

Air yang sudah berhasil dihisap, pada ruang impeller ada sebagian yang dikembalikan ke bawah menuju injector dan memiliki daya dorong sehingga kemampuan hisap mesin pompa menjadi lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *