Home / Review / Jenis Pemanas Air (Water Heater) Apa Yang Bagus Dan Sesuai Kebutuhan?
Water heater yang bagus

Jenis Pemanas Air (Water Heater) Apa Yang Bagus Dan Sesuai Kebutuhan?

Bingung memilih jenis pemanas air (water heater) yang bagus, murah, awet, hemat dan efisien kadang kerap kali melanda seseorang yang tengah merencanakan pemasangan unit pemanas untuk kebutuhan rumah tangga.

Apalagi saat ini masyarakat hidup di era yang serba modern dan praktis, salah satunya ketika ingin menikmati air hangat untuk mandi saja begitu mudahnya dan lebih praktis dengan menggunakan alat pemanas air atau water heater tanpa perlu lagi merebus air.

Pada umumnya terdapat 3 jenis pemanas air yang menjadi pilihan dan bisa dipasang pada instalasi air bersih khususnya kamar mandi rumah sesuai dengan kebutuhan yaitu Pemanas air gas, Pemanas air listrik dan Pemanas air tenaga surya.

Menetukan jenis pemanas air yang praktis dan efisien

Berikut ini adalah ulasan lebih detail mengenai 3 jenis unit water heater agar anda tidak kebingungan saat menentukan pilihan.

#1 Pemanas air model GAS

Cara kerja pemanas air jenis gas

Untuk jenis ini water heater menggunakan gas elpiji atau gas alam sebagai sumber energinya.

Unit water heater jenis ini dari segi harga akan lebih murah dan hemat jika dibandingkan dengan type pemanas air yang lain. Dari segi spesifikasi, water heater GAS memiliki ukuran yang tidak terlalau besar.

Prinsip kerjanya serupa dengan proses pemanasan ketika sedang memasak air karena masih melibatkan api secara langsung untuk menghasilkan energy panasnya.

Pemanas air gas memproses air yang dimasukkan ke dalam pipa atau tabung dan pada bagian bawahnya mengalami proses pembakaran dengan menggunakan gas.

Kapasitas water heater gas juga bermacam-macam ada yang mampu menghasislkan air panas hingga 6 – 10 liter permenitnya.

Kelebihan dari pemanas air gas adalah lebih praktis karena dapat dioperasikan kapan saja tidak memerlukan daya listrik ataupun energy matahari yang kadang tidak menentu karena cuaca.

#2 Pemanas air listrik

Pemanas air jenis ini mutlak memerlukan listrik sebagai sumber energi panasnya yang massih dibedakan menjadi dua type lagi yaitu pemanas air sistem tangki dan pemanas air instan.

Sistem kerjanya water heater ini dengan menampung air di dalam tangki berisolasi yang di dalamnya yang telah dilengkapi dengan elemen pemanas listrik dengan posisi melingkar (serupa dengan dispenser air panas).

Unit pemanas air listrik masih sangat riskan adanya kebocoran listrik sehingga beresiko tersengat tegangan listrik. Akan tetapi teknologi yang sudah menggunakan pengaman yang secara otomatis akan memutus aliran listrik jika terjadi kerusakan seperti kebocoran dan masalah-masalah lainnya.

Keunggulan dari water heater listrik adalah lebih praktis, karena hanya cukup dengan menyalakan dan menghubungkannya dengan sumber listrik maka unit pemanas air bisa langsung digunakan.

#3 Solar water heater (pemanas air tenaga surya)

Pemanas air tenaga surya atau solar water heater merupakan alat pemanas yang memanfaatkan energi cahaya matahari sebagai sumber daya sehingga dinobatkan sebagai alat pemanas yang paling efisien karena kelebihannya ini.

Water heater jenis ini terbilang sangat ramah lingkungan serta cukup aman dalam operasionalnya. Untuk kebutuhan jangka panjang, pemanas air ini tidak begitu memerlukan biaya perawatan yang besar karena sumber energi yang digunakan adalah sinar matahari dan akan diperolah secara gratis sehingga anda tidak perlu khawatir dengan tagihan listik akan melonjak tinggi.

Solar water heater memiliki bagian penting antara lain tangki penampungan air, panel surya dan pipa-pipa instalasinya. Meskipun menggunakan cahaya matahari sebagai sumber daya, namun kapasitas tangki yang besar cukup untuk menampung air panas bahkan hingga beberapa hari kedepan dalam kondisi cuaca mendung.

Unit pemanas air tenga surya juga dilengkapi dengan backup heater yang masih menggunakan tenaga listrik yang berfungsi untuk mengantisipasi agar saat musim hujan atau mendung atau ketika sulit didapat sinar matahari.

Kebutuhan listriknya juga tidak terlalu mengkhawatirkan karena bisa anda seting manual dan auto tergantung apakah anda sedang memerukan air panas atau tidak samasekali.

Baca juga keuntungan dan keunggulan menggunakan solar water heater serta artikel menarik lainnya tentang cara memilih pemanas air tenaga surya sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *