Home / Elektronika / Service Dan Memperbaiki Electric Starter Motor Macet Atau Mati
Memperbaiki Electrik Starter Motor

Service Dan Memperbaiki Electric Starter Motor Macet Atau Mati

Electrik starter pada motor sering kali bermasalah macet atau bahkan mati, bagaimana cara service dan memperbaikinya sebenanya bisa kita lakukan analisa sendiri sebelum memutuskan untuk dibawa ke bengkel.

Ada 4 poin yang harus dipahami ketika menemui persoalan pada electric starter motor yang tidak bisa hidup alias macet yaitu:

  • Batterai (aki)
  • Kabel kelistrikan
  • Relay
  • Dinamo starter

Tahap memeriksa dan memperbaiki elektrik starter motor macet

Selanjutnya dengan langkah langkah yang tepat akan membuat kerja lebih efisien dan tidak salah dalam penanganannya.

#1 Baterai atau aki

Aki adalah sumber listrik utama untuk menyuplai tegangan menuju perangkat elektrik starter yang akan menggerakkan dinamo untuk memutar poros engkol mesin.

Kondisi aki harus dipastikan prima agar tegangan cukup optimal, jika berada pada tegangan dibawah 11 volt DC biasanya kurang kuat untuk menyalakan dynamo.

Meskipun lampu indicator panel masih mampu menyala, klakson masih bisa hidup, namun dynamo starter memerlukan lebih dari itu.

Maka harus benar benar diperiksa menggunakan volt meter untuk memastikan kapasitas tegangan baterai berada pada level yang cukup yaitu antara 11 hingga 12 volt DC.

Jangan lupa simak juga tentang cara memperbaiki aki kering yang tekor atau mati.

#2 Kabel kelistrikan

Memeriksa kabel elektrik starter motor

Tahap berikutnya adalah memeriksa seluruh jalur kabel kelistrikan mulai dari switch (saklar) starter hingga dynamo.

Pastikan seluruh sambungan soket terhubung dengan baik dan tidak ada yang dicurigai rusak, cacat atau bahkan hanya longgar.

Memeriksa sambungan dan jalur kabel harus menggunakan multytester untuk mengetahui bagian mana yang terputus karena tidak semua sambungan atau jalur kabel bisa dilihat secara langsung.

Pada umumnya setiap merek motor memiliki kode warna kabel yang berbeda dan hanya ada 2 jalur yang bisa di urut mulai dari saklar starter hingga menuju relay (bendik).

#3 Relay starter

Memperbaiki Dinamo Starter Motor

Komponen ini disebut juga dengan istilah electromagnet switch. Berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik menuju motor starter (dynamo starter).

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menghubungkan dua kutub (+) dan (-) yang berada pada badan bendik langsung dengan aki menggunakan kabel.

Pastikan terdengar suara mengontak yang artinya bendik masih bekerja dengan baik. Jika tidak ada reaksi maka kemungkinan besar switch magnetiknya sudah rusak dan perlu diganti yang baru.

#4 Motor starter (Dinamo)

Komponen yang satu ini sebenarnya cukup kuat dan jarang terjadi kerusakan kecuali karena konsleting atau terbakar.

Memeriksa dinamo starter cukup mudah yaitu dengan cara menghubungkan secara langsung kutub kutubnya menuju sumber listrik aki.

Gunakan ukuran kabel yang besar agar tidak kekurangan tegangan listrik pada kutub aki (+) terhubung dengan kutub (+) dynamo.

Pada kutub (-) bisa dihubungkan dengan body motor yang mengandung logam alias massa.

Apabila kondisi dynamo masih baik maka akan langsung berputar dan pastikan tidak ada tanda tanda cacat, putaran berat, panas berlebihan, atau suara bising.

Kerusakan dynamo biasanya terjadi pada bagian spul (gulungan) yang putus atau juga bisa disebabkan karena kotoran yang mengendap sehingga menjadikan rotor tidak mampu berputar.

Demikian tadi adalah analisa untuk mengetahui sumber penyebab dinamo atau elektrik starter motor yang macet sehingga dapat ditemukan secara tepat pada bagian mana yang perlu diperbaiki. Simak juga tentang tips menyalakan mesin motor tanpa kunci kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *