Home / Review / Tips Cara Memilih Alat Penghisap (Penyedot) Debu Yang Terbaik dan Paling Tepat
Alat Penghisap Penyedot Debu Terbaik

Tips Cara Memilih Alat Penghisap (Penyedot) Debu Yang Terbaik dan Paling Tepat

Bagaimana memilih alat penyedot debu yang tepat dan terbaik sesuai dengan kebutuhan? Hal ini tentunya berhubungan dengan fungsi dan efektifitas penggunaan dirumah anda.

Ada bergam alat untuk menghisap debu dengan kombinasi pengaturan ganda yaitu vacuum cleaner untuk menyedot debu kering serta ada yang berfungsi bisa menyedot debu basah.

Selain itu masih ada lagi yang dilengkapi dengan blower sehingga unit vacuum cleaner dapat difungsikan sebagai pengering bisa untuk lantai, karpet maupun perabot lainnya yang basah.

Tips memilih vacuum cleaner yang tepat sesuai dengan kebutuhan

Untuk dapat memilih peralatan pembersih debu yang paling ideal, tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan anda, simak beberapa tips berikut ini diantaranya adalah:

#1 Perhatikan Daya Listriknya

Padaumumnya jika semakin besar daya listrik yang dibutuhkan oleh alat penyedot debu maka kekuatan hisapnya juga akan besar. Dengan demikian jika daya sedot cukup besar vacuum cleaner tentunya dapat menghisap debu dan kotoran dengan lebih baik yang akhirrnya bisa menghasilkan ruangan anda akan lebih bersih.

Meskipun demikian, memilih alat penghisap debu dengan daya listrik yang besar tetap harus dengan pertimbangan bahwa kebutuhan listriknya tidak melebihi daya listrik yang tersedia dirumah anda.

Jangan sampai ketika anda menggunakan perkakas ini justru akan mengganggu peralatan lainnya atau bahkan listrik dirumah anda tidak kuat dan sering mati.

#2 Sesuaikan Dengan Kegunaannya

Banyak sekali varian perkakas penyedot debu dengan beragam fitur dan fungsinya yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya vacuum cleaner model upright yang mana jenis ini sangat cocok untuk dipakai pada area yang luas, sedangkan untuk lokasi sempit atau yang lebih kecil dan disitu terdapat banyak peralatan rumah maka akan lebih efektif jika menggunakan jenis drum dan canister.

Untuk kebutuhan membersihkan debu dan kotoran di dalam mobil dapat memilih jenis vacuum model hand-held.

#3 Memiliki Nozzle Yang Variatif

Alat Penyedot Penghisap Debu Yang Tepat

Agar dapat menggunakan alat penyedot debu dengan optimal maka pilihlah vacuum cleaner yang memiliki banyak variasi nozzle.

Dengan disertakan model nozzle yang beragam maka dapat disesuaikan dengan permukaan area yang akan dibersihkan.

Misalkan nozzle yang berujung sikat ini berfungsi untuk membersihkan karpet atau sofa dari serabut-serabut kain, bulu binatang serta rambut dll.

Beragam bentuk ujung nozzle akan memungkinkan anda untuk menyesuaikan dengan segala medan baik yang sulit untuk dijangkau sehingga tidak akan ada kotoran yang terlewatkan.

#4 Perhatikan Jenis Filter Yang Digunakan

Begitu juga pada bagian filter yang mana terdapat beragam jenis pula sebagai komponen penting pada vacuum cleaner yaitu filter mikro atau nano dan ini sudah umum terdapat pada semua jenis vacuum standar.

Untuk jenis filter ini ada yang dapat dibersihkan dengan dicuci sampai beberapa kali pemakaian tapi juga yang memerlukan penggantian secara berkala.

Jenis filter lainnya adalah HEPA Filter atau (High Efficiency Particulate Arresting) yang dapat menghisap dengan baik dan mengunci debu berpartikel halus. Alat penyedot debu dengan filter HEPA adalah yang paling cocok dipilih apabila didalam rumah ada anggota keluarga yang menderita asma.

#5 Tingkat kebisingan

Sebaiknya memilih alat penghisap debu dengan tingkat kebisingan yang rendah tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah serta lebih nyaman untuk dioperasionalkan. Suara alat vacuum cleaner yang sangat bising sudah tentu akan membuat anda menjadi kurang mood untuk melakukan kegiatan bersih-bersih bukan?

Baca juga cara mudah membersihkan noda kusam dan kerak membandel pada keramik serta artikel menarik lainnya tentang cara memperbaiki reemot TV yang tiba tiba tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *