Home / Elektronika / Aki Kering Mati Total: Cara Memperbaiki Dan Pengisian Ulang
Memperbaiki Aki Kering Mati Total Soak Tekor

Aki Kering Mati Total: Cara Memperbaiki Dan Pengisian Ulang

Memperbaiki aki kering tekor soak atau mati total masih bisa dilakukan dengan cara membongkar kemudian merekondisinya menggunakan cairan pengisi agar dapat menyimpan daya dan tegangan listrik lagi.

Untuk motor keluaran terbaru seperti Honda Vario, Beat dan keluaran Yamaha  sekarang ini sudah menggunakan aki kering sebagai power supply tegangan listriknya karena menganut system kelistrikan DC.

Jika dibedakan antara aki kering dan aki basah tetap memiliki fungsi yang sama mulai dari kapasitas ampere yang rendah hingga yang tinggi namun berbeda dari segi efisiensinya saja.

Dimana jamannya aki basah memang sedikit merepotkan karena harus rutin memeriksa kondisi air aki.

Selain itu juga akan sangat riskan jika cairan aki tumpah dan mengontaminasi permukaan logam atau body motor yang dapat merusak cat maupun menimbulkan karat dan sebagainya.

Istimewanya menggunakan aki kering adalah bebas perawatan serta penempatannya, mau di letakkan miring atau bahkan terbalik juga tidak akan terlalu beresiko.

Peralatan memperbaiki aki kering mati dengan perkakas sederhana

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai pembongkaran hingga pengisian daya listrik diantaranya adalah:

  • Air zuur baru. Ini adalah cairan pengisi untuk aki baru bukan cairan yang biasanya digunakan untuk menambah atau isi ulang.
  • Pencukil atau obeng (-) untuk membuka tutup cover bagian atas aki.
  • Sped (suntikan) bisa memakai bekas pengisi printer
  • Lem plastic atau silicon beserta kain lap untuk mengantisipasi tumpahan air aki.

Langkah langkah proses rekondisi aki kering

Peralatan dan bahan sudah tersedia, berikutnya adalah cara memperbaiki aki kering ini dimulai dari:

#1 Membersihkan body aki

Ini bertujuan untuk melepaskan segala material atau kotoran yang menempel di permukaan badan aki atau pada selnya.

#2 Membuka penutup

Service Aki Kering MotorCara membuka penutup aki ini harus di congkel dengan paksa namun harus diupayakan agar tidak rusak, robek atau sampai pecah.

Jika kerusakan fatal, nantinya akan disulitkan cara untuk merapikannya karena sudah jelas tidak aka nada part pengganti untuk ini.

Kalaupun ingin memodifikasi tentunya akan memakan waktu lama dan kurang efisien.

#3 Proses pengisian air zuur

Mengisi Air Aki KeringTutup plastic sudah terbuka dengan baik, maka akan dijumpai berupa tutup karet yang jumlahnya 3, 6 atau bahkan sampai 10 tergantung dari kapasitas ampere aki jika semakin besar maka akan ada banyak sel di dalamnya.

Siapkan suntikan yang sudah berisi air zuur kemudian buka penutup karet tadi agar bisa memasukkan air aki dengan batasan hingga 1 cm dibawah lubang.

Kembalikan penutup karet pada posisi semula jika semua lubang telah terisi cairan dengan permukaan air yang sama rata.

Pastikan tertutup dengan rapat tidak ada indikasi bocor ataupun merembas.

#4 Merangkai kembali body aki

Pasang kembali penutup atas dengan presisi, rapat dan tidak ada celah. Jika akibat pembongkaran menimbulkan dampak kurang presisi, maka bisa di rapatkan memakai lem plastic (tembak).

Tahap pengisian listrik (charger/cas) aki kering rekondisi

Sampai pada tahap ini pastikan kondisi aki sudah tampak sempurna, bersih, aman dari bocor dan siap untuk dilakukan pengisian.

Ada 2 metode pengisian terhadap aki yang baru saja dilakukan perbaikan yaitu:

  • Charger transformator
  • Jumper dengan aki lain

Charger Transformator (trafo cas aki)

Mengisi Ulang Aki Kering MatiAlat ini adalah berupa trafo seperti adaptor cas hp maupun cas laptop namun tentunya memiliki daya dan kapasitas ampere yang cukup besar.

Sudah lazim digunakan oleh para penyedia jasa service aki, penjual aki maupun tukan strum aki.

Menggunakan alat ini akan lebih efektif dan dapat mengisi daya aki dengan lebih cepat dan stabil.

Kemudian istimewanya lagi akan terdapat indicator apabila setrum aki sudah mencapai titik penuh dan siap untuk digunakan.

Jumper dengan aki kendaraan lain

Mengisi daya (setrum) aki menggunakan cara jumper atau pemasangan pararel terhadap aki lain juga bisa dilakukan.

Metode ini dengan catatan bahwa sumber daya aki yang akan dipakai untuk menyuplai harus dipastikan dalam kondisi prima baik tegangan maupun amperenya.

Untuk itu akan lebih baik apabila melakukan jumper pada aki yang masih terpasang pada mobil atau motor kemudian sambil dihidupkan mesinnya.

Cara ini memang tidak menghasilkan pengisian aki sebaik memakai trafo cas, namun setidaknya akan memberikan daya awal untuk selanjutnya bisa dipasang pada kendaraan pemilik aki tersebut.

Setelah terpasang, pastikan kendaraan baik mobil atau motor dihidupkan agak lama pada posisi stationer agar pengisian lebih maksimal sebelum digunakan untuk menyalakan starter ataupun perangkat electrical lainnya.

Menghindari penyebab kerusakan pada aki kering

Meskipun sudah terkenal anti perawatan, tetap saja part aki kering akan memiliki usia pakai atau masa aktif.

Hanya saja dengan mengetahui beberapa tindakan yang dapat memicu kerusakan pada aki kering, maka kita akan berusaha mencegahnya sebelum dibuat repot mencari cara memperbaiki aki kering mati meskipun sebenarnya juga mudah.

#1 Menjaga kebersihan aki

Semahal apapun harga dan sekuat apapun kualitas sebuah komponen seperti aki, jika dibiar begitu saja tanpa ada perhatian sedikitpun tentunya akan berdampak pada daya tahan dan masa pakainya.

Kondisi kotor, penuh debu ataupun kerak yang sudah membandel juga beresiko sebagai salah satu pemicu aki kering mati lebih cepat dari biasanya.

Setidaknya bersihkan bodi dan sel (konektor) aki agar tidak terjadi induksi arus yang dapat memicu hubungan singkat jelas akan berakibat fatal pada aki.

Bersihkan dengan cara dilap menggunakan air hangat akan lebih baik karena lebih mudah menyingkirkan zat asam.

#2 Rutin menghidupkan mesin

Aki kering kendaraan bermotor akan terjaga kesehatannya jika aktif digunakan.

Maksudnya adalah, dengan sering dipakai (mesin hidup) maka suplai arus tetap terjaga dengan baik seiring dengan pemakaian daya aki itu sendiri untuk kebutuhan elektronik mobil dan motor.

Minimal dalam setiap harinya motor atau mobil harus hidup 15 menit jangan sampai tidak sama sekali sampai berhari hari.

Kalaupun memang kendaraan akan di tinggal dalam rentang waktu yang lama, alangkah baiknya aki kering dilepas dari konektor kabelnya. Baca juga tentang cara memperbaiki elektrik starter motor mati.

#3 Selalu periksa sekering (fuse)

Aki kering mati total, soak ataupun tekor juga tidak luput dari masalah yang ditimbulkan oleh jalur kelistrikan yang tidak tertata rapi kemudian memicu hubungan pendek.

Meskipun tidak langsung timbul konsleting, kabel yang tidak rapi juga dapat menyebabkan semi konduktor (induksi) kemudian sekering panas namun tidak sampai terjadi putus.

Rutin memeriksa sekering tetap perlu dilakukan karena tindakan ini untuk mengontrol apakah kondisi kelistrikan motor masih dalam keadaan prima.

Pastikan box sekerering, dudukan, konektor masih terjaga kebersihannya dan dapat berfungsi dengan baik jika terjadi konsleting maka aki akan tetap aman.

#4 Hidari pemicu kerusakan fisik (benturan)

Ini terkait dengan penempatan aki kering meskipun bisa dipasang sesuai keinginan (tidak harus tegak) menyesuaikan kondisi, maka upayakan tetap memakai ikatan yang kuat.

Ikatan bisa menggunakan karet penahan (mounting) atau klem sampai tidak ada tanda tanda longgar dan bisa terguncang.

Begitu pula ketika membawa aki, jangan pernah terjatuh atau terbentur meskipun body tampak aman, kemungkinan ada kerusakan bagian sel didalam aki yang juga beresiko memperpendek usia pakai aki.

#5 Penggunakan aksesoris yang memakai sumber daya aki

Sudah wajar jika aksesoris elektronik pada kendaraan kadang juga diperlukan seperti lampu tambahan atau alarm dan sebagainya.

Namun tindakan ini sebenarnya sangat menguras energy aki yang melebihi kapasitas standartnya, sehingga memperpendek usia pakai yang berakibat aki kering mati dan tekor lebih dini.

Untuk itu gunakan aksesoris elektronik dengan tidak belebihan jika menginginkan usia aki lebih awet dan bertahan untuk durasi yang panjang.

Menerapkan cara memperbaiki aki kering mati ini juga tidak menjamin akan memberikan dampak yang optimal selayaknya aki baru. Namun jika cara rekondisi yang dilakukan tepat, dan kerusakan aki sebelumnya bukan pada fisik yang fatal, maka peluang memperoleh hasil maksimal akan bisa didapatkan. Simak juga cara menghidupkan mesin motor tanpa kunci kontak.

10 comments

  1. Apakah ACCU GS seperti gambar di atas tutup bisa dibuka?

    Kebetulan mobil saya menggunakan accu merk dan type itu

    Terima kasih

    DG

    • Apapun jenis aki kering tetap bisa dilakukan pembongkaran. Hanya saja nantinya saat dikembalikan tentu tidak bisa sempurnya lagi karena mesti dikerjakan secara manual dengan sedikit modifikasi.

  2. gan klo misalkan tegangan aki 11,56v dan emang kondisinya ga bisa starter, itu harus repair atau cukup di charge ulang saja? ane kemarin coba dicharge ke bengkel jasa charging, katanya sudah rusak, ga bisa dicharge, dan dia minat beli aki bekas ane 10ribu perak. trus ane coba diukur tegangannya di rumah ya itu dpt 11,56v. jadi bagaimana ya gan?

    • Untuk kondisi aki normal, tegangan harus berada di atas 12v. Sebaiknya dilakukan perbaikan karena biasanya sudah banyak timbungan kerak sehingga sel sel aki sudah tidak bisa menghantarkan tegangan dengan maksimal

  3. Bos ni gw coba isi accu zuur pada aki kering soalnya aku gw soak makanya gw tes blm gw liat ini apakah setrum nya terisi pada aki atw tidak

  4. bos ane baru aja salah beli accu. belum smpat d pake tapi airnya (elektrolit) uda terlanjur d masukin. mintak saran bagaimana cara memyimpan ini accu ? apa mesti di kuras lagi ?

    • Jika aki akan di simpan dalam waktu lama, lebih baik di keringkan atau di kosongkan airnya. Untuk menghindari penumpukan kerak yang dapat memicu sel rusak.

  5. matap gan,silahkan pelajari juga tentang cara memperbaiki engkol motor keras di situs https ://pecandumotor
    .wordpress.com/

  6. Gan ane punya aki gs yg baru saja ga bisa buat stater motor lagi trus ane isi ulang pake air aki isi ulang ( bukan zuur) trus udah ane setrum di jasa strum aki ane cek tegangan 13 volt tapi knapa tetep aja ga kuat buat starter motor?

  7. bro aki gua 12v
    tapi saya chek tegangannya 5.89 v
    kenapa ya?

    udah lama tak kepake memang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *